welcome

WELCOME TO PARA PENCARI ILMU.SITUS INI BERISI TENTANG; ILMU PENGETAHUAN, MAKALAH ILMIAH, ILMU TAJWID, KEISLAMAN, DLL.

Friday, March 11, 2016

CARA MUDAH MENGHAFAL HURUF-HURUF IKHFA’





huruf ikhfak

Sering sekali kita mencoba untuk memahami hukum-hukum tajwid, namun terkadang kita susah untuk memahami  huruf-huruf yang ditentukan dalam kaidah ilmu tajwid, apalagi untuk menghafalkannya.
Padahal kita sebagai umat muslim, dianjurkan selalu membaca al-Quran yang berbahasa arab dan mempunyai ketentuan dalam membacanya.
Mempelajari ilmu tajwid hukumnya fardhu kifayah yakni jika seseorang diantara kita sudah mempelajarinya maka yang lain gugur kewajibannya. Akan tetapi ketika seorang muslim membaca al-Quran dengan menggunakan ilmu tajwid itu hukumnya fardhu ‘ain yakni jika seorag muslim membaca al-Quran tanpa menggunakan ilmu tajwid maka seorang tersebut mendapatkan dosa.
Sebagai muslim kita wajib mempelajari ilmu al-Quran dan setelah kita bisa maka kita diwajibkan pula untuk membacanya dengan menggunakan ilmu tajwid.
Rassulullah bersabda:
خيركم من تعلم القرآن وعلمه
Artinya: sebaik baik kalian adalah orang yang balajar al-Quran dan mengajarkannya(H.R muslim)
     Tips mudah menghafal huruf-huruf ikhfa’

Mengapa kita menulis tips mudah menghafal huruf ikhfa’?...
Jawaban: karena huruf ikhfa’ adalah huruf huruf yang paling banyak anggotanya di banding huruf hukum bacaan lainnya. Misal: huruf qolqolah ada 5ب ج د ط ق , huruf mad ada 3 ا و ي , huruf idzhar ada 6 أ ه ع ح غ خ  , hurup iqlab ada 1 ب , huruf idghom bila ghunnah ada 2 ل ر , huruf idghom bighunnah ada 4 ي م ن و , dan yang paling banyak hurufnya diantara yang lain adalah huruf hukum bacaan ikhfa’ yakni ada 15 ت ث ج د ذ ز س ش ص ض ط ظ  ف ق ك , oleh karena itu untuk memudahkan memahami dan menghafalkan huruf-huruf ikhfa’ tersebut kita buat cara mudah menghafal huruf-huruf ikhfa’.
      Langkah langkah menghafalnya:

1. pastikan anda harus sudah hafal semua huruf hijaiyah:
ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن و ه لا ء ي 
2.  setelah anda sudah hafal huruf hijaiyah tulislah dan warnailah dengan stabelo atau di lingari pada huruf ihfa’ yang ada pada susunan huruf hijaiyah:
ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن و ه لا ء ي

3. hafalakan huruf ikhfa’ tersebut sesuai urutannya : ت ث ج د ذ ز س ش ص ض ط ظ  ف ق ك

4. bacalah secara berulang ulang sampai benar benar hafal, insyaallah anda akan mudah menghafalnya dan tidak mudah lupa INSYAALLAH.




Selamat mencoba dan semoga bermanfaat




  By: Akhmad Khoiri, S.Pd.I


No comments:

Post a Comment