welcome

WELCOME TO PARA PENCARI ILMU.SITUS INI BERISI TENTANG; ILMU PENGETAHUAN, MAKALAH ILMIAH, ILMU TAJWID, KEISLAMAN, DLL.

Saturday, March 12, 2016

PERBEDAAN ALIF DAN HAMZAH






Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pemahaman masyarakat mengenai perbedaan atau kesamaan antara huruf alif dan huruf hamzah, sebagian ada yang mengatakan sama, dan sebagian lagi ada yang mengatakan berbeda, jadi timbul pertanyaan manakah yang  benar, samakah antara alif dan hamzah. Atau berbedakah? ... 
Ini adalah teka teki yang selama ini masih menjadi permasalahan umat muslim, karena kitab suci umat islam adalah al-Quran yang berbahasa Arab dan di dalamnya banyak sekali huruf-huruf yang mempunyai sifat dan tata cara baca masing masing, yang wajib dipelajari oleh umat muslim.
Jika kita lihat dari hurufnya, huruf alif adalah (  ا  ) dan hamzah adalah (   ء  ) tentu ada perbedaan dalam bentuknya, namun jika kita berikan harakat mempunyai kesamaan dalam pelafalan, misal: huruf alif diberikan harakat fathah ( اَ ) maka bunyinya ( a ) begitujuga dengan huruf hamzah, ketika diberikan harakat yang sama  (   ءَ  )   maka mempunyai hasil bunyi yang sama jg yaitu ( a ) dalam pelafalanya.
Banyak orang yang belum mengetahui bahkan tidak mengetahui perbedaan anatara alif dan hamzah, dan banyak yang mengatakan bahwa antara alif dan hamzah itu sama saja, dengan alasan sama dalam pelafalan.
Dari pada kita bingung mari kita belajar bersama agar tidak terjadi perbedaan pendapat diantara kita, hehehehe...
Mari kiita lihat penjelasan berikut:

1. Dari terjemahan kitab jazariyah 

Oleh munjah bin hanah, halaman 20, dalam bahasa jawa:  “(Alif iku selawase mati, tur tumibo    sakwuse fathah)”  yang artinya: “Alif itu selamanya mati dan jatuh sesudah fathah”.


2. Dari syair Ibnu Zaidun :
وَلَا يُزَادُ فِي أَوَائِلِ أَلِفْ §  إِذْ هِيَ لِلسُكُوْنِ حَتْمًا قَدْ اَلِفْ

“Artinya: dan tidak dibubuhkan alif itu dipermulaan # jadi ia untuk sukun, harus dihukumi sukun”.

3.  Dari Muqhnil Labib, oleh  Ibnu Hisyam  Al-Anshory, 2:39

حرف الألف والمراد هنا الحرف الهواى الممتنع اللإبتداء به لكونه لايقبل الحركة فأما الذي يراد به الهمزة فقد مرفى صدر الكتاب

“Artinya: Huruf alif, dan yang dimaksud dengan huruf disini adalah huruf yang kosong yang tercegah memulai dengan huruf alif, karena ia tidak menerima harokat. Adapun yang dimaksud huruf tersebut adalah  hamzah, maka berlaku di awal kalimat”.

Dari penjabaran di atas sudah jelas bahwa alif itu selamanya mati tidak berharakat, dan huruf alif diperuntukkan husus huruf mad, dan alif tidak pernah di awal kalimat, jika kita menemukan alif yang ada di awal kalimat maka sesungguhnya itu bukan alif tapi dia adalah  huruf hamzah, misal lafat     الحمدلله  alifnya lafat alhamdulilah ini bukan huruf alif tapi huruf hamzah.
Jadi bisa kita simpulkan antara alif dan hamzah ternyata berbeda jauh, yang dinamakan huruf alif itu selamanya tidak menyandang harakat dan sedangkan hamzah selamanya menyandang harakat. 

Contoh    Alif          :         ا
        Hamzah    :       ال اَ أَ  ءَ ئَ



Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua
Aamiin

                                                            By: Akhmad Khoiri, S.Pd.I


5 comments:

  1. Replies
    1. kalau ada masukan mengenai isi, penulisan atau yang lainnya ... kami tunggu masukannya.

      Delete
  2. شكرا, menerima koreksian dalam penulisan, maaf jika masih banyak yang salah...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete